31 Maret 2009

Antara LULUS dan LOLOS

Rasanya tidak pantas lagi kita mempopulerkan adanya "April Mob" untuk tahun ini. Kalaupun dipaksakan, akan terasa garing tanpa sentuhan humor sama sekali. Yang agak tepat adalah April Hot barangkali.
Sudah menjadi keputusan Pemerintah menetapkan 9 April adalah hari penentuan lolos tidaknya seorang caleg yang sudah menebar janji berbulan-bulan. Begitu pula penetapan 20 sampai 24 April sebagai hari penentuan lulus tidaknya para peserta didik SMA atas belajarnya 3 tahun di sekolah.
Betapa sangat besarnya dana pemerintah yang terserap untuk 2 kegiatan ini, yang menurut orang-orang pintar dikategorikan "penting" untuk bangsa ini, meskipun menurut saya tergolong "penghambur-hamburan". Kali ini saya tidak bermaksud untuk mengotak-atik keuangan negara yang sudah dimasakkan oleh para ahli, namun saya hanya akan mengajak pembaca agar tidak salah berdoa dalam menghadapi 2 keadaan yang menegangkan dan berbeda ini.
Perbedaan yang saya maksudkan adalah untuk menghadapi ujian siswa SMA, kita boleh dan arif jika bermohon agar semua peserta dapat LULUS. Namun, adalah sebuah kelucuan apabila pembaca juga berdoa agar semua calon legislatif peserta pemilu dapat LOLOS.

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Lotus Car Pictures. Powered by Blogger